Monday, July 30, 2018

MikroTik Vulnerability - Please update your devices!

Harga yang terjangkau dan mempunyai fitur yang lengkap, mungkin itu yang selalu terbesit di benak kita pada saat menggunakan MikroTik. Sesuai dengan misi yang dimiliki oleh MikroTik "Our mission is to make existing Internet technologies faster, more powerful and afforable to wider range of users".
MikroTik Mission
Karena harga yang terjangkau dan fitur yang lengkap itulah pengguna MikroTik di Indonesia dan di dunia semakin banyak. Semakin banyak yang menggunakan, tentunya akan semakin dilirik oleh seorang aktor ancaman (threat actor) untuk menjadi targetnya. Sebagai contoh kasus VPNFilter, dan yang terbaru adanya vulnerability yang ditemukan pada WinBox.

Securityweek headline Vulnerability in MikroTik RouterOS
Tentunya vulnerability tersebut sudah diperbaiki pada RouterOS versi terbaru. Tapi berapa banyak sih dari kita yang rajin untuk melakukan update perangkat jaringan kita?

MikroTik Version Release
Vulnerability dan exploit di MikroTik RouterOS bukanlah hal yang baru, sampai dengan saat ini sudah terdapat 13 Common Vulnerabilities and Exposures (CVE) berdasarkan mitre.org dan 9 exploit berdasarkan exploit-db.com.

MikroTik Exploit
Anda bisa mengikuti panduan dari Manual:Securing Your Router untuk mengamankan router MikroTik Anda. Atau hubungi MikroTik Consultant untuk meminta saran.

Tidak ada sistem yang 100% aman, keamanan hanya berlangsung pada suatu waktu saja, untuk lebih aman anda harus bisa beradaptasi.

Referensi:

No comments:

Post a Comment